Perpustakaan SD

Mei 31, 2010 chyantic

PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR (SD)

  1. A. Penjelasan Umum

Perpustakaan Sekolah Dasar adalah Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri yang dikelola sepenuhnya oleh SD yang bersangkutan yang ada di Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Pada hakikatnya setiap perpustakaan memiliki sejarah yang berbeda-beda, karena sejarahnya yang berbeda-beda, itu setiap perpustakaan mempunyai tujuan, organisasi, induk, anggota dan kegiatan yang berbeda.

Karena Perbedaan tujuan, organisasi, induk, anggota dan kegiatan maka timbullah berbagai jenis perpustakaan.

1.� Faktor-faktor yang mempengaruhi timbulnya berbagai jenis perpustakaan :

-� Tanggapan� terhadap berbagai� jenis pustaka� misalnya� buku,� majalah, film, rekaman suara dan sejenisnya.

-� ������ Tanggapan terhadap keperluan informasi berbagai kelompok pembaca.

-� Tanggapan yang berlainan terhadap spesialisasi subyek ruang lingkup subyek serta rincian subyek yang bersangkutan.

Kebutuhan� informasi mengenai suatu subjek yang berbeda-beda intensitas intelektualnya, maka tumbuh berbagai jenis perpustakaan dengan koleksi yang sesuai dengan keperluan dan tingkat intelektualitas penggunaannya.

Perpustakaan SD muncul karena murid-murid SD membutuhkannya. Perpustakaan SD bertujuan untuk membantu SD mencapai tujuannya dan tujuan pendidikan.

Peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan Perpustakaan SD ialah :

  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

2.� Keputusan Gubernur KDKI Jakarta No. 42 Tahun 1996 tentang Pola Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan di Lingkungan Pemerintah DKI Jakarta.

3.� Keputusan� Gubernur� KDKI� Jakarta� No.� 946�� Tahun� 1996� tentang Petunjuk Pelaksanaan Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Dasar di Lingkungan Pemerintah DKI Jakarta.

Tujuan Perpustakaan SD

�1. Tujuan Umum

-� Menyediakan informasi dalam bentuk bahan tercetak dan terekam.

-� Memberikan kelengkapan sarana belajar mengajar yang berupa bahan-bahan tercetak dan terekam untuk mencapai tujuan pendidikan di SD.

�2.�� Tujuan Khusus

�-� Meletakkan dasar-dasar untuk belajar mandiri.�

�-� Memupuk minat dan bakat pada warga dan minat baca pada khususnya.�

�-� Mendidik siswa untuk dapat memiliki dan memanfaatkan buku pustaka secara���� efektif dan efisien�

�-� Mengembangkan� kemampuan memecahkan masalah atas usaha dan tanggung jawab sendiri.

� -� Mengembangkan penghargaan pada pengalaman imajinatif

� -� Mengembangkan kemampuan siswa untuk mencari, menemukan, mengolah dan memanfaatkan informasi.���

  1. B. Pelaksanaan kegiatan

Fungsi perpustakaan Sekolah Dasar adalah :

  1. Pendidikan (edukatif) dengan penyediaan dan penyebarluasan bahan-bahan dalam bentuk tercetak dan atau terekam untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar di Sekolah Dasar.
    1. Rujukan, dengan penyediaan sumber-sumber rujukan seperti kamus, ensiklopedia dan bahan-bahan referensi lainnya.
    2. Rekreasi, dengan penyediaan sarana kegiatan rekreasi seperti kaset lagu/musik, kaset cerita, film dan lain sebagainya.
    3. Informatif, dengan penyediaan bahan-bahan informasi yang tercetak maupun terekam yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan.

�         Organisasi Pengelolaan Perpustakaan.

  1. Penanggung jawab Perpustakaan Sekolah Dasar yaitu Kepala Sekolah yang bersangkutan.
  2. Pelaksanaan harian yaitu seorang guru yang ditunjuk sebagai petugas sehari-hari oleh Kepala Sekolah.

�         Perpustakaan Sekolah Dasar berada dalam satu gedung sekolah yang menempati salah satu ruangan yang diperuntukkan bagi ruang Perpustakaan Sekolah.

���� Bagi Sekolah Dasar yang belum standar, luas ruangan perpustakaan� 7 x 8 m atau disesuaikan dengan luas ruang yang tersedia yang di bagi menjadi :

a.� Ruang kerja (pengolahan)�

b.� Ruang koleksi�

c.� Ruang layanan/baca

Bagi Sekolah Dasar yang belum standar, luas ruang perpustakaan disesuaikan dengan luas ruang yang tersedia untuk suatu ruang perpustakaan.

�         Perabot perpustakaan antara lain :

-� Meja sirkulasi/layanan�

-� Rak buku�

-� Rak majalah�

-� Rak surat kabar��

-� Meja baca dan kursi�

-� Lemari katalog�

-� Rak atlas����

-� Rak kamus

-� Papan pengumuman�

-� Meubelair dan perlengkapan ruang pengolahan, dll.

�         Perlengkapan perpustakaan antara lain :

-� Filing kabinet�

-� Mesin ketik�

-� Kartu katalog�

-� Kartu buku��

-� Kartu peminjaman��

-� Rak untuk buku yang sedang diproses, dll.

�         Pada umumnya bahan pustaka dapat dikelompokkan ke dalam 3 macam :�

  1. Bahan pustaka tercetak seperti : buku, majalah, surat kabar, brosur, pamflet, guntingan surat kabar, peta, karya tulis dan sebagainya.
  1. Bahan pustaka tidak tercetak seperti gambar, lukisan, slide, film strip, film, pita rekaman, kaset dan sebagainya.

Bahan tidak tercetak dan terekam (ket and game) seperti kumpulan model (model tubuh manusia, jantung, hati, mata, telinga, dan lain-lian), globe, batu-batuan, manik-manik, herbarium (kumpulan daun, bunga dan bagian penting dari pohon yang telah dikeringkan), insektarium (kumpulan serangga yang telah diawetkan) dan aquarium (wadah kaca yang berisikan ikan dan tanaman air).

Perbandingan antar buku fiksi dan non fiksi adalah 40:60

�         Layanan Perpustakaan��

1.� Sistem Layanan.��

���� Sistem layanan Perpustakaan Sekolah Dasar adalah sistem layanan terbuka

2.� Bentuk Layanan.

���� Layanan Perpustakaan Sekolah Dasar meliputi :

���� a.� Peminjaman�

���� b.� Referensi����

���� c.� Membaca

��

3.� Obyek Layanan

���

���� a.� Layanan kepada guru.��

��������� Layanan kepada guru meliputi kegiatan sebagai berikut :

  1. Meningkatkan pengetahuan guru mengenai subyek yang menjadi bidang pengajarannya.
    1. Membantu guru dalam mengajar di kelas dengan alat pelengkap dan alat bantu mengajar guru seperti : globe, peta, gambar dan sebagainya.
    2. Menyediakan bahan pustaka yang diperlukan untuk mata pelajaran tertentu. seperti : buku, artikel, bahan audio visual, dan sebagainya yang akan dipergunakan murid untuk mendalami topik-topik tertentu.
    3. Perpustakaan menyediakan bahan informasi bagi kepentingan penelitian yang diperlukan guru dalam rangka meningkatkan profesi dan bidangnya.
    4. Menyediakan waktu bercerita, permainan boneka dan pembahasan buku tertentu.
    5. Mengisi jam pelajaran yang kosong jika ada guru yang tidak hadir.

� b.� Layanan kepada murid.

������ Layanan kepada murid meliputi kegiatan sebagai berikut :

  1. Perpustakaan Sekolah Dasar menyediakan bahan pustaka yang memperkaya dan memperluas cakrawala kurikulum
    1. Perpustakaan Sekolah Dasar menyediakan bahan pustaka yang dapat membantu murid memperdalam pengetahuannya mengenai suatu subyek yang diminatinya.
    2. Menyediakan bahan untuk membantu meningkatkan keterampilan.
      1. Menyediakan berbagai kemudahan untuk membantu murid mengadakan penelitian.
      2. Perpustakaan Sekolah Dasar mengadakan aktivitas guna meningkatkan minat baca murid dengan mengadakan bimbingan membaca, mengajarkan cara menggunakan perpustakaan, memperkenalkan jenis-jenis koleksi yang dimiliki, perkenalkan buku, bercerita, lomba membuat ringkasan isi buku (anotasi), membuat kliping dan majalah dinding.

c.� Layanan terhadap manajemen sekolah.

���� Perpustakaan Sekolah Dasar secara aktif membantu Pimpinan Sekolah dan Guru dalam bidang perencanaan, pelaksanaan, pemanduan dan penilaian program pendidikan sekolah.

4.�� Jenis Layanan.

Jenis layanan Perpustakaan Sekolah Dasar adalah layanan di tempat

�         Promosi Perpustakaan Sekolah Dasar dilakukan dengan mengadakan pameran, lomba mengarang, lomba membaca cepat. lomba bercerita, lomba kliping dan lomba-lomba lainnya.

Jenis kegiatan yang dilakukan dalam kerjasama antar perpustakaan adalah :

1.� Pengelolaan bahan pustaka

2.� Peminjaman bahan pustaka

Kerjasama dilakukan dalam rangka :

  1. Menciptakan kekayaan dan keanekaragaman informasi yang berasal dari hasil kerjasama.�
  2. Mengupayakan terpenuhinya kebutuhan informasi bagi masyarakat sekolah yang membutuhkan secara cepat, tepat dan murah.
  3. Mengupayakan terjadinya kerjasama antar perpustakaan dengan berbagai jenis layanan peminjaman antar perpustakaan.
  4. Menciptakan sistem penelusuran dan penemuan kembali informasi yang dibutuhkan masyarakat sekolah.

�         Perpustakaan Sekolah Dasar dapat menjalin kemitraan dengan pencinta perpustakaan, pengusaha, dermawan, penerbit/toko buku dan organisasi kemasyarakatan dalam bentuk pembiayaan/dana, koleksi, perlengkapan dan pemikiran.

�         Dalam rangka membina dan mengembangkan Perpustakaan Sekolah Dasar, setiap Perpustakaan Sekolah Dasar perlu melakukan penelitian dan pengembangan (litbang).

Hal-hal yang perlu dilakukan dalam litbang terutama:�

  1. Layanan Perpustakaan, untuk mengetahui jenis dan bentuk layanan apa yang disukai para siswa dan pendidik di Sekolah Dasar.
  2. Koleksi perpustakaan, untuk mengetahui koleksi apa saja yang paling banyak digemari para pengguna jasa perpustakaan.
  3. Kegiatan perpustakaan, untuk mengetahui program apa yang paling disenangi.
  4. Pengunjung perpustakaan, untuk mengetahui statistik jumlah pengunjung dan pemakai jasa perpustakaan.
  5. Sarana dan prasarana.

Pembinaan dan Pengendalian

  1. Ruang Lingkup Pembinaan.

Pembinaan Perpustakaan Sekolah Dasar meliputi pembinaan teknis dan pembinaan administratif

Pembinaan teknis dilakukan oleh Perpumda, meliputi pembinaan ketenagaan dan teknis pengelolaan perpustakaan.

Pembinaan administratif dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Pengajaran, meliputi pengadaan bahan pustaka, sarana dan prasarana, pembiayaan dan personel.

���������������������

  1. Langkah-langkah Pembinaan.

Langkah-langkah pembinaan perpustakaan Sekolah Dasar adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan hasil prakiraan kebutuhan ini disusun target pembinaan dan pengembangan Perpustakaan Sekolah Dasar.
  2. Menyusun rencana.�� Penyusunan rencana pembinaan dan pengembangan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing Perpustakaan Sekolah Dasar berdasarkan hasil prakiraan kebutuhan.�
  3. Melaksanakan pembinaan dan pengendalian.� Pembinaan teknis Perpustakaan Sekolah Dasar dilakukan oleh Perpumda melalui Tim Pembina Pustakawan Daerah yang dibentuk sesuai dengan kebutuhan.
  4. Melaksanakan pemantauan dan evaluasi .�� Hasil pembinaan dan pengembangan dievaluasi oleh Tim Pustakawan Pembinaan, apakah sesuai dengan rencana pembinaan yang telah disusun. Dengan evaluasi tersebut akan terlihat apakah target pembinaan dapat dicapai atau tidak. Apabila tidak dapat dicapai, perlu diketahui apa yang menjadi kendalanya, sehingga masalah tersebut dapat segera diatasi.

Koordinasi Pembinaan

Dalam rangkaa melaksanakan pembinaan terhadap Perpustakaan Sekolah Dasar, Perpumda harus mengadakan koordinasi dengan :

  1. Perpustakaan Nasional RI.
  2. Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.
  3. Dinas Pendidikan dan Pengajaran.
  4. Biro Bina Mental Spritual.
  5. Pimpinan Pemerintah Wilayah.
  6. Unit atau instansi lain yang terkait.

Dalam rangka kegiatan pembinaan tahun 1999 :

  1. Dinas P & P telah melakukan penataran bagi 320 orang guru SD INTI yang dibagi dalam 10 angkatan.
  1. Perpustakaan Umum Pemerintah DKI Jakarta telah menyusun direktori Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri DKI Jakarta :

Jakarta Pusat���� 98�� Perpustakaan

Jakarta Utara���� 39�� Perpustakaan

Jakarta Barat���� 53�� Perpustakaan

Jakarta Selatan� 66�� Perpustakaan

Jakarta Timur��� 65�� Perpustakaan

—————————————–

���������������������� 321�� Perpustakaan

�������

Pembiayaan

Sumber pembiayaan Perpustakaan Sekolah Dasar diperoleh dari :

  1. APBD
  2. POMG
  3. Para donatur/sponsor

C.     Instansi Terkait

  1. SD yang bersangkutan.
  2. Perpustakaan Nasional RI.
  3. Kanwil Departemen Pendidikan dan Kebudayaan DKI Jakarta.
  4. Dinas P & P DKI Jakarta.
  5. Biro Bina Mental DKI Jakarta.
  1. Kata Kunci

1.� SD

2.� Pendidikan

3.� Guru

4.� Kelas

  1. E. Sumber

  1. 1. Himpunan Produk Hukum seputar Perpustakaan Umum Pemerintah DKI Jakarta (Perpumda). Pemerintah DKI Jakarta 1998
  2. 2. Sulistiyo Basuki ; Pengantar Ilmu Perpustakaan . Jakarta; PT Gramedia Pustaka Utama; 1993.
  3. 3. Petunjuk Pelaksanaan Lomba Penyelenggaraan Perpustakaan SDN DKI Jakarta Tahun 1999/2000, Dinas P dan P DKI Jakarta, 1999
  4. 4. Laporan Kegiatan Lomba Penyelenggaraan Perpustakaan SDN DKI Jakarta Tahun 1999/2000, Dinas P dan P DKI Jakarta, 1999
  5. 5. Laporan Pelaksanaan Monitoring Perpustakaan SDN DKI Jakarta Tahun 1999/2000, Dinas P Dan P DKI Jakarta, 1999

6. Petunjuk Pelaksanaan Pembinaan Perpustakaan SDN DKI Jakarta Tahun 1999/2000, Dinas P dan P DKI Jakarta, 1999

About these ads

Entry Filed under: Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to comments via RSS Feed

Halaman

Kategori

Kalender

Mei 2010
S S R K J S M
     
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Most Recent Posts

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: